All times are UTC + 7 hours





Post new topic This topic is locked, you cannot edit posts or make further replies.  [ 20 posts ] 
  Print view

Biogas
Author Message
PostPosted: 02 May 2008 19:23 
Ketua RW Virtual
Ketua RW Virtual
User avatar
Offline

Joined:20 Apr 2008 08:18
Posts:258
Location: Purwodadi
Dengan beredarnya isu kenaikan BBM, dan semakin langkanya keberadaan minyak tanah, maka keberadaan Biogas ini merupakan pilihan alternatif yang sangat murah dan mempunyai prospek bagus untuk dikembangkan. Apalagi harga LPG semakin mahal saja. Biogas yang dimaksud disini adalah gas yang dihasilkan dari Kotoran sapi/kerbau yang telah dikumpulkan dalam satu kotak khusus yang kemudian akan disalurkan ke kompor dan dipergunakan untuk masak sehari2. Yang jelas gas yang dihasilkan aman dan tidak berbau.


Top
 Profile  
 

PostPosted: 02 May 2008 19:33 
Moderator
Moderator
User avatar
Offline

Joined:15 Jan 2007 15:46
Posts:642
Location: Cilincing--North Jakarta
wah kalah cepat ga bisa PERTAMAXXX.......

keduax deh... :lol:


Top
 Profile  
 

Re: Biogas
PostPosted: 03 May 2008 10:41 
Moderator
Moderator
User avatar
Offline

Joined:08 Apr 2006 13:23
Posts:804
Location: BANJARMASIN ~ The City of a thousand river
Soejoto wrote:
Dengan beredarnya isu kenaikan BBM, dan semakin langkanya keberadaan minyak tanah, maka keberadaan Biogas ini merupakan pilihan alternatif yang sangat murah dan mempunyai prospek bagus untuk dikembangkan. Apalagi harga LPG semakin mahal saja. Biogas yang dimaksud disini adalah gas yang dihasilkan dari Kotoran sapi/kerbau yang telah dikumpulkan dalam satu kotak khusus yang kemudian akan disalurkan ke kompor dan dipergunakan untuk masak sehari2. Yang jelas gas yang dihasilkan aman dan tidak berbau.


sepertinya sudah bukan lagi isu mas!
Menteri Keuangan telah mengatakan bahwa opsi kenaikan BBM tersebut sudah dalam proses pematangan dan kajian

_________________
http://arfanhy.blogspot.com
Image


Top
 Profile  
 

PostPosted: 03 May 2008 16:27 
Ketua RW Virtual
Ketua RW Virtual
User avatar
Offline

Joined:20 Apr 2008 08:18
Posts:258
Location: Purwodadi
Nah, kalo biogas ini nanti bisa memasyarakat maka kita tidak akan ada ketergantungan terhadap minyak tanah. Di grobogan telah ada sekitar 30 unit biogas. Pembuatannya memang agak mahal pada awalnya. Paling murah 2 juta, sampe jadi. Tapi ini investasi sampe 10 tahun.


Top
 Profile  
 

PostPosted: 04 May 2008 15:37 
Moderator
Moderator
User avatar
Offline

Joined:08 Apr 2006 13:23
Posts:804
Location: BANJARMASIN ~ The City of a thousand river
Soejoto wrote:
Nah, kalo biogas ini nanti bisa memasyarakat maka kita tidak akan ada ketergantungan terhadap minyak tanah. Di grobogan telah ada sekitar 30 unit biogas. Pembuatannya memang agak mahal pada awalnya. Paling murah 2 juta, sampe jadi. Tapi ini investasi sampe 10 tahun.



siapa yang bikin biogas di daerah grobogan, dan di daerah mana?

_________________
http://arfanhy.blogspot.com
Image


Top
 Profile  
 

PostPosted: 04 May 2008 18:53 
Ketua RW Virtual
Ketua RW Virtual
User avatar
Offline

Joined:20 Apr 2008 08:18
Posts:258
Location: Purwodadi
Di grobogan, biogas sudah ada di beberapa kecamatan. Yaitu di brati, tawangharjo, purwodadi, toroh dan ngaringan. Yang terbanyak ada di desa ngaringan. Pembuatannya bisa dilakukan sendiri. Dibutuhkan 1 bak besar untuk penampungan kotoran sapi, kemudian plastik tebal untuk penampungan gas, regulator, selang penyalur gas dan kompor.

_________________
Manusya Mriga Satwa Sewaka


Top
 Profile  
 

PostPosted: 05 May 2008 10:45 
Moderator
Moderator
User avatar
Offline

Joined:08 Apr 2006 13:23
Posts:804
Location: BANJARMASIN ~ The City of a thousand river
Soejoto wrote:
Di grobogan, biogas sudah ada di beberapa kecamatan. Yaitu di brati, tawangharjo, purwodadi, toroh dan ngaringan. Yang terbanyak ada di desa ngaringan. Pembuatannya bisa dilakukan sendiri. Dibutuhkan 1 bak besar untuk penampungan kotoran sapi, kemudian plastik tebal untuk penampungan gas, regulator, selang penyalur gas dan kompor.

kalau di toroh, berarti deket rumah saya dong pak :)

_________________
http://arfanhy.blogspot.com
Image


Top
 Profile  
 

PostPosted: 05 May 2008 12:06 
Ketua RW Virtual
Ketua RW Virtual
User avatar
Offline

Joined:20 Apr 2008 08:18
Posts:258
Location: Purwodadi
Di toroh, di kelompok peternak desa tambirejo. Kalo di sindurejo ketoe belum ada.

_________________
Manusya Mriga Satwa Sewaka


Top
 Profile  
 

PostPosted: 16 May 2008 15:04 
Kepala Dusun Virtual
Kepala Dusun Virtual
Offline

Joined:28 Dec 2007 16:26
Posts:530
Location: Jakarta
bagus juga loh
klo digrobogan udah ada biogas, apalagi mayoritas penduduk grobogan memang petani yang mempunyai banyak sapi.


oh ya gmn caranya bisa buat biogas tersebut ya?


Top
 Profile  
 

PostPosted: 16 May 2008 16:51 
Ketua RW Virtual
Ketua RW Virtual
User avatar
Offline

Joined:20 Apr 2008 08:18
Posts:258
Location: Purwodadi
Syaratnya harus punya sapi. Biar cepat ngisi, minimal punya dua ekor sapi. Intinya kotoran di tampung di sebuah bak, kemudian ditampung gasnya (kotoran tsb menghasilkan gas methan) dan dengan selang dihubungkan ke kompor. Untuk teknisnya bisa konsultasi ke dinas peternakan.

_________________
Manusya Mriga Satwa Sewaka


Top
 Profile  
 

PostPosted: 16 May 2008 17:42 
Kepala Dusun Virtual
Kepala Dusun Virtual
Offline

Joined:28 Dec 2007 16:26
Posts:530
Location: Jakarta
alhamdulilah sapi ada

g bisa lebih detail lagi ya penjelasannya?

matur suwun infonipun


Top
 Profile  
 

PostPosted: 17 May 2008 10:50 
Moderator
Moderator
User avatar
Offline

Joined:08 Apr 2006 13:23
Posts:804
Location: BANJARMASIN ~ The City of a thousand river
Soejoto wrote:
Syaratnya harus punya sapi. Biar cepat ngisi, minimal punya dua ekor sapi. Intinya kotoran di tampung di sebuah bak, kemudian ditampung gasnya (kotoran tsb menghasilkan gas methan) dan dengan selang dihubungkan ke kompor. Untuk teknisnya bisa konsultasi ke dinas peternakan.


mas SOejoto udah pernah nyoba belum

_________________
http://arfanhy.blogspot.com
Image


Top
 Profile  
 

PostPosted: 17 May 2008 12:20 
Ketua RW Virtual
Ketua RW Virtual
User avatar
Offline

Joined:20 Apr 2008 08:18
Posts:258
Location: Purwodadi
Ini yang versi sederhana : alat yang dibutuhkan drum pengumpan (Tempat menuangkan kotoran sapi biasanya ember bak besar yang tengahnya di lobangi), plastik penampung kotoran (ini diletakkan diatas lubang yang panjangnya 3 meter, lebar 1 meter dan tinggi 1,25 meter. Lubang bisa disemen menjadi bak ato langsung tanah yang dilapisi plastik), plastik penampung gas, regulator, kompor dan selang plastik (tuk nyirami bunga) kira-kira 20 m. Bahan yang dibutuhkan adalah Kotoran sapi dicampur dengan air dengan perbandingan 1:1. Caranya : tampung kotoran ternak yang sudah dicampur air melalui drum pengumpan ke dalam plastik penampung kotoran sampai penuh. Tutup kran pengatur gas (regulator) dan lubang pemasukan agar kotoran tersebut terfermentasi. Pada hari ke 8 regulator dibuka agar gas karbondioksida keluar. Pada hari ke 10 sampai ke 14 gas methan akan naik dan karbondioksida turun. Sesudah hari ke 14 gas sudah bisa dimanfaatkan sebagai bahan Bakar kompor. Bagannya Drum pengumpan dìhubungkan ke plastik penampung kotoran dengan pralon besar. Kemudian plastik penampung kotoran dihubungkan dengan plastik penampung gas dengan selang. Diantara keduanya dipasang regulator untuk pengaturan gas. Apabila terjadi kelebìhan gas, akan secara otomatis keluar dari regulator ini. Akhirnya gas dari plastik penampung disalurkan ke kompor dengan selang. Bingung gak ya....?

_________________
Manusya Mriga Satwa Sewaka


Top
 Profile  
 

PostPosted: 17 May 2008 16:01 
Moderator
Moderator
User avatar
Offline

Joined:08 Apr 2006 13:23
Posts:804
Location: BANJARMASIN ~ The City of a thousand river
Soejoto wrote:
Ini yang versi sederhana : alat yang dibutuhkan drum pengumpan (Tempat menuangkan kotoran sapi biasanya ember bak besar yang tengahnya di lobangi), plastik penampung kotoran (ini diletakkan diatas lubang yang panjangnya 3 meter, lebar 1 meter dan tinggi 1,25 meter. Lubang bisa disemen menjadi bak ato langsung tanah yang dilapisi plastik), plastik penampung gas, regulator, kompor dan selang plastik (tuk nyirami bunga) kira-kira 20 m. Bahan yang dibutuhkan adalah Kotoran sapi dicampur dengan air dengan perbandingan 1:1. Caranya : tampung kotoran ternak yang sudah dicampur air melalui drum pengumpan ke dalam plastik penampung kotoran sampai penuh. Tutup kran pengatur gas (regulator) dan lubang pemasukan agar kotoran tersebut terfermentasi. Pada hari ke 8 regulator dibuka agar gas karbondioksida keluar. Pada hari ke 10 sampai ke 14 gas methan akan naik dan karbondioksida turun. Sesudah hari ke 14 gas sudah bisa dimanfaatkan sebagai bahan Bakar kompor. Bagannya Drum pengumpan dìhubungkan ke plastik penampung kotoran dengan pralon besar. Kemudian plastik penampung kotoran dihubungkan dengan plastik penampung gas dengan selang. Diantara keduanya dipasang regulator untuk pengaturan gas. Apabila terjadi kelebìhan gas, akan secara otomatis keluar dari regulator ini. Akhirnya gas dari plastik penampung disalurkan ke kompor dengan selang. Bingung gak ya....?


bikin skema gambarnya aja mas

_________________
http://arfanhy.blogspot.com
Image


Top
 Profile  
 

PostPosted: 17 May 2008 19:02 
Ketua RW Virtual
Ketua RW Virtual
User avatar
Offline

Joined:20 Apr 2008 08:18
Posts:258
Location: Purwodadi
Aku ngenet pake hp, gak bisa buat skema gambar. Ni dah dicoba di kantor, jadi kalo mau buat biogas bisa liat dulu percontohannya.

_________________
Manusya Mriga Satwa Sewaka


Top
 Profile  
 

PostPosted: 19 May 2008 08:51 
Kepala Dusun Virtual
Kepala Dusun Virtual
Offline

Joined:28 Dec 2007 16:26
Posts:530
Location: Jakarta
sedikit bingung seh mas

mudah2 bisa coba


Top
 Profile  
 

PostPosted: 19 May 2008 10:06 
Ketua RW Virtual
Ketua RW Virtual
User avatar
Offline

Joined:20 Apr 2008 08:18
Posts:258
Location: Purwodadi
Kalo mau coba, bisa liat ke dinas dulu. Di kantor sekarang lagi mau buat 50 unit. Jadi bisa liat plastiknya yang Bagaimana, regulatornya seperti apa, dll.

_________________
Manusya Mriga Satwa Sewaka


Top
 Profile  
 

PostPosted: 21 May 2008 14:38 
Kepala Dusun Virtual
Kepala Dusun Virtual
Offline

Joined:28 Dec 2007 16:26
Posts:530
Location: Jakarta
saya khan lagi di jakarta, jadi ya g bisa lihat langsung

ini yang mau coba adik saya
mudah2 klo berhasil bisa menjadi teladan bagi kampung saya


Top
 Profile  
 

PostPosted: 21 May 2008 15:41 
Ketua RW Virtual
Ketua RW Virtual
User avatar
Offline

Joined:20 Apr 2008 08:18
Posts:258
Location: Purwodadi
Gak pa2, adiknya suruh liat dulu di dinas peternakan. Biar nggak gagal. Ntar tak tunjukin.

_________________
Manusya Mriga Satwa Sewaka


Top
 Profile  
 

PostPosted: 22 May 2008 22:28 
Ketua RT Virtual
Ketua RT Virtual
User avatar
Offline

Joined:26 May 2005 12:20
Posts:193
Location: Godong
Energi alternatif biogas ini lebih cocok diterapkan secara kolektif, misalnya se-RT. Jadi kalo mau dicoba / diterapkan secara individu, sepertinya kurang cocok.

Kalau masih bingung, saya coba bantu dengan penjelasan yg lebih simpel ya (CMIIW) :
- Kotoran ternak (biasanya sapi) dari warga di tampung ke dalam sebuah wadah / bak penampungan.
- Di dalam bak tersebut, kotoran akan mengalami fermentasi yang kemudian menghasilkan gas.
- Kemudian gas disalurkan ke rumah-rumah warga melalui pipa / selang, yang pada akhirnya dapat dimanfaatkan untuk bahan bakar kompor dll.

Sepangetahuan saya, teknologi ini sudah diterapkan di Kab. Boyolali, tapi ternyata di Grobogan juga sudah di pakai.

Mengenai teknologi biogas lebihlanjut, bisa juga di lihat di sini :
http://www.scribd.com/doc/939659/Biogas-Pedesaan


Top
 Profile  
 

Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic This topic is locked, you cannot edit posts or make further replies.  [ 20 posts ] 

All times are UTC + 7 hours


  Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot post attachments in this forum

Search for:
Jump to:  
cron
Style by web designer custom , optymalizacja seo pozycjonowanie stron pozycjonowanie
Powered by phpBB © 2000, 2002, 2005, 2007 phpBB Group